Elemen Fungsi Scroll


Salah satu pertanyaan dari pembaca blog ini tentang “bagaimana cara membuat elemen halaman yang mempunyai fungsi scroll seperti milik Shada178 tentang Blog Tutorial untuk pemulaan yang ada di bahagian bawah blog ini? Sebab untuk membuat halaman seperti itu tidaklah payah buat code html yang sangat banyak, melainkan hanya sedikit code untuk membuatnya. Contoh code, ini dia yang di maksud.

Untuk membuat halaman seperti itu, anda hanya membuat code seperti ini :

<div style="overflow:auto;width:300px;height:200px;padding:10px;border:1px solid #eee">

isi halaman


</div>
Didalam code tersebut, yang berperanan besar adalah code yang ada dalam style. Dengan style itulah kita bolih buat apa yang kita inginkan. Berikut adalah cara guna :



overflow:auto; » code ini agar tercipta scrolling atau penggulung halaman apabila isi dari halaman tersebut sudah melampaui batas tinggi atau lebar yang telah di tentukan.

width:300px; » adalah lebar bidang yang di inginkan, nilai 300px bolih di ubah sesuai dengan keinginan anda.

height:200px; » adalah tinggi bidang yang di inginkan, nilai ini bolih di ubah sesuai dengan keinginan, anda misal jadi 250px atau nilai yang lainnya.

padding:10px; » adalah code pembuat jarak agar tulisan yang ada dalam halaman tersebut tidak terkeluar dari dinding halaman, nilai ini tentu saja bolih di ubah sesuai keinginan anda. contoh : padding:5px;

border:1px solid #eee » agar bidang tersebut terlihat ada kotaknya, jika anda tidak menginginkan ada terlihat kotaknya, maka hapuskan saja.



Masuk ke halaman dashbord » Tata letak » Elemen Halaman » Tambah Gadget » Pilih untuk JavaScript/HTML » Masukan kodenya » Simpan » selesai.


Plzz..Berikan Komen. Komen anda amat di perlukan untuk memberi idea kepada penulis mencari bahan untuk rujukkan bersama.

Comments :

0 comments to “Elemen Fungsi Scroll”

Catat Ulasan

Clik Iklan Disini

 

coments